Selasa, 27 April 2021

Tugas dari kak Maxine dan kak Angel

Permasalahan di daerah saya:

Saya tinggal di penghuluan kabupaten Ketapang (Kalimantan Barat), tepatnya di kecamatan Sandai. Wilayah yang diapit bukit Pendamaran dan bukit Mantas ini kerap kali ditemukan tumpukan sampah di lahan kosong, pinggiran sungai bahkan di ruas jalan. Hal ini disebabkan kurangnya edukasi dan kesadaran masyarakat setempat terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pengolahan berlanjut terkait sampah organi dan non-organik. Faktor lain yang menyebabkan permasalahan ini ialah kurangnya perhatian pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan tidak tersedianya fasilitas umum seperti tong sampah di pinggiran jalan atau truk pengangkut sampah yang belum merata pelayanannya.


Peran komunitas saya:

Saya beberapa kali bergabung dengan kegiatan dan komunitas lingkungan. Mengingat sebagai anak bangsa, saya memiliki tanggung jawab besar dalam penyelesaian masalah di daerah saya ini. Kami permah melakukan survey terkait seberapa penting kebersihan lingkungan bagi masyarakat sekitar. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka sadar akan dampaknya, namun hal ini sudah menjadi habit yang sulit diubah. Di kegiatan lainnya kami beberapa kali mengadakan kampanye dan penyadartahuan publik terkait bahaya sampah plastik dan cara pengolahannya dengan melibatkan konsep 3R.


Bagaimana audiencemu menjadi protagonist untuk mengatasi masalah?

Dengan ilmu yang kami bagikan melalui kampanye, diharapkan para audience yang merupakan berbagai elemen masyarakat dapat menerapkan hal tersebut dalam menunjang perkembangan perbaikan lingkungan.


Apa barriernya dan pilihan apa yang kamu inginkan untuk dia ambil?

Pemerintah daerah dan pemerintah setempt berperan besar sebagai barrier dalam hal ini. Bekerja sama antara Pemda, pihak komunitas dan masyarakat setempat adalah pilihan yang cukup baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar